Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Satelit di atas Kita



saya hanya ingin berbagi pengalaman ketika pertama kali berkenalan dengan dunia persatelitan, setelah saya beli antena parabola lengkap dengan receiver dan penggerak antenanya.

pada awalnya ketika kita melihat siaran/channel yang ada dalam parabola hampir sama dengan yang ada pada siaran UHF, tetapi bedanya gambar lebih jelas dan ada tambahan siaran luar negeri, seperti di satelit palapa ada NHK (jepang) Al Manar (lebanon) dan KBS WORLD (Korea) bagi yang punya receiver support HD. kalau di satelit telkom ada TV pemerintah tetangga muda kita yaitu TV Timor Leste.

itulah yang saya tau pada awal-awal mempunyai parabola. tetapi setelah saya gabung dalam forum satelit, disana banyak sekali informasi yang berhubungan dengan dunia persatelitan yang ada di atas bumi kita. ternyata banyak sekali satelit yang bisa kita terima selain palapa, telkom, dan asiasat. yaitu satelit siaran taiwan, vietnam, thailand, arab, afrika bahkan rusia.

dari siaran yang berbayar dan gratis (FTA=free to Air), kalau yang FTA berarti dengan modal receiver yang harganya 200 ribu sudah bisa menonton tapi kalau ingin membuka siaran yang berbayar atau dikunci harus punya receiver yang lumayan mahal juga, mulai dari harga 800ribu sampai 3 jutaan.

cara membuka siaran yang berbayarnya ada yang pake kartu langganan, ada yang kode pembukanya di masukan secara manual ke receiver ada juga yang berbagi kartu dengan fasilitas jaringan (internet) dalam receivernya, jadi kodenya di download ke server lewat internet.

apalagi sekarang receiver sudah ada yang memakai sistem operasi linux, dimana lebih stabil dalam jaringannya dan bisa memutar youtube dari internet. dan siaran juga bisa di rekam ke harddisk, selain itu yang belum saya berhasil sampai saat ini adalah mengambil data dari satelit, yaitu Grabbing satelit.

grabbing ini dilakukan melalui perantara receiver, dan menggunakan software skygrabber di komputer nanti data hasil grabbing di simpan di komputer.

wah ternyata emang seru dunia satelit itu, apalagi siaran luar negerinya terutama yang berbayar. banyak yang tanpa sensor he.he..he..

dan yang paling seru yang berdiskusi di forum untuk sesuatu yang baru atau bagi kita baru, jadi semuanya bisa menikmati.

tapi semua itu ada harganya, dimana kalau ingin lebih ya receiver dan antenanya juga harus lebih bagus dan sudah pasti mahal harganya. tapi kalau bagi yang punya hoby tracking satelit, tidak masalah selama ada terus dikejar sampai bagaimana caranya ingin mendapatkan siaran dari amerika.

mudah-mudahan forum ict jabar juga bisa rame dan berguna seperti forum satelit. dimana semua anggota bisa saling membantu baik dalam masalah jaringan maupun software.

saya selaku manusia biasa yang merasa kekurangan masih mencoba untuk terus belajar dalam bidang jaringan dan software.

demikian, semoga bermanfaat.

salam dari Kota Sukabumi.

Iwan Setiawan
Labels: internet, komputer, satelit

Thanks for reading Satelit di atas Kita. Please share...!

Back To Top