Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

cs vs input keys

CS vs Input Keys


Ada beberapa hal yang menarik ketika saya punya parabola dan satu set komputer dengan sebuah DVB-Card (punya saya SS2 - SkyStar2 PCI). Di antaranya adalah kemampuan CS-an dan Input Keys yang pada akhirnya inti dari kedua hal tersebut adalah menonton siaran tv berbayar (pay tv) secara murah meriah dan bahkan gratis.
CS-an atau kepanjangannya dalam Bahasa Inggris yaitu CardSharing atau jika diartikan dalam istilah Bahasa Ibu Pertiwinya adalah Berbagi Kartu. Istilah ini berkembang dengan membawa label "internet" dimana sebagian besar proses CS-an ini dilakukan memang dengan menggunakan koneksi internet yang kemudian berkembang lagi istilahnya menjadi "Internet Sharing". Data-data keys dikirim dari user utama (induk) ke user anakan sepenuhnya dilakukan lewat internet.
CS-an juga bisa dilakukan dengan cara "Home Sharing". Home sharing setahu saya tidak menggunakan koneksi internet tetapi menggunakan kabel atau koneksi lainnya yang juga tidak melalui internet. Data keysnya dikirim dari Receiver (langganan) utama ke Receiver anakan lewat kabel tersebut yang tentunya sudah disetting sesuai dengan kebutuhan.
Input keys atau sejatinya bisa diartikan memasukkan keys (hasil) hack dari sebuah PayTV yang keamanan sistem acakannya lemah (misalnya BISS dan Nagravision keys). Cara ini sangat simple, asalkan receiver mendukung fasilitas input keys dari berbagai jenis sistem acakan, maka prosesnya bisa dilakukan sendiri.
Untuk input keys sendiri yang sampai saat ini masih "hidup" (yang masih bisa saya nikmati) adalah televisi dari India yang nangkring di Intelsat 7/10 @ 68,5'E (B4U Movies) pada parameter: Freq = 4064 - Polarisasi = H - Symbol Rate = 19850. Sempat juga menikmati Trace TV (channel musik) di Asiasat 2, tapi sekarang sudah tidak bisa lagi. Trace TV sendiri menggunakan sistem acakan "Seca2" dengan parameter: Freq = 3960 - Polarisasi = H - Symbol Rate = 27.500. Informasi di forum-forum bahwa Trace TV masih ada keys hasil hacknya tapi setelah dicoba masih juga belom bisa (mungkin saya yang salah karena belum khatam belajar nya, hehehe... , nanti diusahain lagi.
Kabar terakhir di dunia input keys adalah Dream TV yang ada di Agila 2 (146'E) yang sampai saat ini masih bisa dibuka acakannya tanpa harus langganan. Tapi, rumor di forum-forum mengatakan bahwa Dream TV juga sedang berbenah untuk memperbaiki sistem acakan yang mereka gunakan sehingga dalam waktu dekat kemungkinan besar masa jaya-jayanya input keys di Dream TV akan segera berakhir. (Sayang sekali beamnya gak nyampe ke Sambas, jadi belom pernah bisa menikmati acara dari Dream TV).
CS-an dan Input Keys masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. CS-an bisa dilakukan gratis (jika ada yang berbagi servernya gratisan) atau berbayar (langganan dengan penyedia server atau teman) dan memerlukan koneksi internet yang cukup (paling tidak internetnya harus di atas 1 KBPS). Untungnya pake CS-an adalah ketersediaan server yang melimpah, tapi sayangnya memerlukan biaya tambahan paling tidak koneksi internet. Tidak seperti input keys yang tinggal memasukkan keys yang kita dapat langsung bisa kita tonton acara tvnya. Namun, sayangnya keys yang digunakan untuk input keys masih terbatas dan tidak melimpah seperti langganan CS-an.
Semoga Bermanfaat!
http://televisisatelit.blogspot.com/2008/10/cs-vs-input-keys.html
Labels: internet, komputer, satelit

Thanks for reading cs vs input keys. Please share...!

Back To Top