Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Membuat distro linux sendiri dalam USB

USBUNTU Live Creator, Software pembuat Linux Live CD di USB Drive

Membawa CD yang berisi program kemana-mana memang beresiko lecet dan sebagainya. Namun selama belum ada penggantinya hal ini mau tidak mau harus dilakukan. Apalagi ketika CD itu berisi OS linux atau Ubuntu yang biasanya bisa digunakan langsung untuk booting dan dengan Live CD nya kita bisa mencoba Sistem Operasi tersebut apakah mendukung hardware komputer atau laptop yang kita miliki, serta tentunya printer, modem, wifi dan sebagainya. Jika semua sudah bisa jalan dan tidak masalah maka dengan mudah dapat langsung menginstall Sistem Operasi Ubuntu Linux atau distro lainnya dengan tanpa rasa was-was harus setting aneh-aneh. Namun Ubuntu dengan repositorynya yang seperti supermarket itu, dan dukungan launchpad yang kuat tentu membuat kepercayaan diri pemakainya tidak mudah karatan.

Ketika iseng-iseng jalan-jalan dan menemukan sebuah hal menarik tentang Usbuntu Live Creator Makes Bootable Linux USB Drives, sebuah software untuk membuat file iso atau LIVE CD bisa berjalan di USB FlashDisk ataupun USB Drive. Meskipun Software ini under windows atau berjalan hanya pada microsoft windows, sangat menarik sekali karena tidak harus memiliki Ubuntu atau Linux dahulu untuk mencobanya. Bisa langsung kopi dari CD Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope atau file iso yang didownload, menjadi sebuah OS yang bisa dijalankan dari USB Drive. Tentunya ini khabar gembira bagi teman-teman yang masih menggunakan windows only untuk dapat mencoba Ubuntu atau Linux tanpa harus dengan CD-ROM untuk net book misalnya. Juga untuk mesin komputer yang lainnya dengan memakai sebuah Flash Disk saja kira-kira yang berukuran 2 GB an lah.

Sebelum beralih ke Windows 7 yang katanya akan dirilis itu, jika berminat dan akan langsung budhal memakai software pembuat live USB Drive ini seterusnya silahkan untuk informasi lebih lanjut dan juga download dari LinuxLive USB Creator [SourceForge via Download Squad]

sumber : www.suryaden.com
Labels: distro, komputer, linux, membuat distro linux, open source

Thanks for reading Membuat distro linux sendiri dalam USB. Please share...!

Back To Top