Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Perputaran Bumi Di Sekitar Matahari

Selain berputar di keliling dirinya, bumi yg kita diami ini juga berjalan, berputar disekitar matahari dalam lingkaran yg amat besar dan luas. Ingatlah bahwa jarak antara bumi dan matahari adalah 90.000.5000 Mil. Perputaran ini lamanya 365 hari, 5 jam, 49 menit, 12 detik, yaitu yg kita namakan satu Tahun.

Dalam perputarannya dikelilingi matahari ini, bumi kadang kadang miring ke utara, sehingga karenanya terjadilah musim panas pada negeri2 yg terletak di sebelah utara Khatulistiwa. Dan kadang kadang bumi miring ke selatan, sehingga terjadi musim panas di negeri2 sebelah selatan Khatulistiwa. Begitulah terjadi pergiliran musim panas dan musim dingin antara utara dan selatan.

Sebagian akibat dari pergantian musim ini, maka terjadilah bergiliran musim beribu ribu macam tumbuh tumbuhan dan buah buahan dipermukaan bumi yg luas ini, sehingga membawa nikmat yg paling besar bagi kehidupan manusia.
Sekalipun indonesiat tidak termasuk negara kutub utara atau selatan, malah terletak di Khatulistiwa, tetapi di daerah2 yg terletak sebelah utara atau selatan Khatulistiwa, dapat juga sedikit merasakan pergantian musim panas dan dingin, begitu juga merasakan pergantian musim buah buahan. Disekitar bulan Juni sampai Juli dan Agustus, ketika mata hari terlalu condong ke utara (bumi miring ke selatan) kita juga dapat merasakan hawa yang ama dingin didaerah Jawa Timur (bagian timur). Dan disaat itu bermusimlah jeruk di seluruh Jawa Timur, lebih2 didaerah Madura. Memang jeruk yg mengandung Vitamin C yg amat dibutuhkan oleh tubuh kita dimusim dingin seperti ini. Kalau tidak maka kita dengan gampang sekali akan mendapat serangan penyakit Flu dan lain lain penyakit yg amat berbahaya.

Disekitar bulan September, dikala udara sudah mulai terasa panas mulailah musim semangka dan lain lain buah buahan yg banyak mengandung air. Cocok benar untuk menyejukkan badan yg sedang kepanasan.

Dan akhirnya dibulan Oktober dan November dikala udara sudah menjadi panas sepanas panasnya, sehingga orang banyak bepergian ke gunung2 mencari udara sejuk, maka di saat itu bermusimlah buah mangga di Jawa Timur itu. Dan di akhir Desember mulailah musim hujan besar di Jawa Timur itu. Udara lembab siang dan malam, dan disaat itu bermusimlah durian. Satu macam buah yg amat cocok dimakan manusia disaat musim hujan, kalau tidak dbadan tidak segar. Dan akan disusul dengan musim duku dan rambutan dan sebagainya. 
Labels: perputaran bumi, serba_serbi

Thanks for reading Perputaran Bumi Di Sekitar Matahari. Please share...!

Back To Top