Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Tata Cara Wudhu beserta Bacaannya




1. Doa Niat Wudhu

Niat merupakan salah satu rukun wudhu yang wajib dilakukan seorang muslim ketika hendak berwudhu. Niat sanggup hanya digetarkan dihati, atau dilafalkan secara langsung. Adapun dalam berniat, kita boleh memakai lafal dalam bahasa Indonesia, namun akan lebih utama apabila kita membaca doa niat wudhudalam lafal bahasa Arab sebagaimana berikut:




2. Doa Ketika Membasuh Pergelangan Tangan
Membasuh telapak tangan ialah sunnah yang sebaiknya dilakukan untuk menciptakan nilai wudhu kita lebih sempurna. Membasuh telapak tangan bertujuan semoga apabila di telapak tangan tersebut ada najis atau kotoran, maka ia tidak akan mengotori anggota wudhu lainnya. Adapun dalam membasuh pergelangan tangan, doa wudhu yang dibaca ialah sebagai berikut:



3. Doa Ketika Berkumur-Kumur

Berkumur-kumur juga termasuk sunnah dalam berwudhu. Dengan berkumur-kumur, sisa masakan yang terselip di rongga lisan sanggup benar-benar bersih, sehingga tidak akan mengganggu kekhusyuan kita dalam pelaksanaan ibadah sholat. Saat berkumur, Anda dianjurkan membaca doa wudhu sebagaimana berikut:



4. Doa Ketika Istinsyaq
Apakah yang dimaksud dengan istinsyaq? Istinsyaq ialah membersihkan lubang hidung dengan cara memasukan dan mengeluarkan air wudhu ke dalamnya. Istinsyaq termasuk sunnah wudhu yang sebaiknya dilakukan kalau Anda ingin mempunyai wudhu yang sempurna. Adapun ketika melaksanakan istinsyaq, ada baiknya Anda membaca doa istinsyaq sebagaimana berikut:



5. Doa Ketika Membasuh Muka
Membasuh muka atau wajah termasuk rukun wudhu. Artinya bila rukun ini tidak dikerjakan, maka tidak syah hukumnya wudhu yang Anda lakukan. Agar lebih mempunyai keutamaan, membasuh muka sebaiknya diiringi dengan membaca doa berikut ini.



6. Doa Ketika Membasuh Tangan
Membasuh tangan sampai ke siku juga termasuk rukun wudhu. Sunnahnya yaitu dimulai dari asisten ke tangan kiri, diulang sebanyak 3 kali, seraya membaca doa ketika membasuh asisten dan kiri sebagaimana berikut:



7. Doa Ketika Mengusap Kepala

Mengusap sebagian kepala atau rambut termasuk rukun wudhu. Rukun ini dilakukan dengan cara membasahi telapak tangan dengan air dan menyapukannya ke rambut depan ke rambut belakang, dan kembali lagi ke depan. Saat mengusap rambut, dianjurkan untuk membaca doa wudhu berikut ini:



8. Doa Ketika Membasuh Telinga
Membasuh indera pendengaran termasuk sunnah wudhu. Membasuh indera pendengaran dilakukan dengan memakai jari telunjuk untuk indera pendengaran dalam dan ibu jari untuk indera pendengaran luar. Seraya membasuh telinga, dianjurkan membaca doa wudhu berikut ini:




9. Doa Ketika Mencuci Kaki
Mencuci kaki ialah rukun terakhir dalam urutan rangkaian gerakan wudhu. Membasuh kaki dimulai dari ujung jari sampai ke mata kaki. Seraya menyela-nyela jari-jari kaki, lebih utama bagi Anda untuk membaca doa wudhu berikut ini:




10. Doa Setelah Wudhu
Setelah selesai melaksanakan wudhu, jangan lupa untuk kembali membaca doa. Pembacaan doa sesudah wudhu ialah sunnah yang utama, sebagaimana dianjurkan oleh Rasululloh SAW, yang mana tidaklah tepat wudhu kecuali beliau melafalkan bacaan doa sesudah wudhu yang benar dan sahih ialah sebagai berikut:



demikianlah, semoga bermanfaat.




Labels: cara berwudhu, islam

Thanks for reading Tata Cara Wudhu beserta Bacaannya. Please share...!

Back To Top