Posted by 
One_Esc on 
                              
Tuesday, July 25, 2017
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sejarah SMK 
Sesuai SK Dirjen SMK No. 130 Tahun 2017, bahwa struktur kurikulum, KI, KD ada perubahan.
untuk download sk dirjen smk klik disini
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian                    : Semua Bidang Keahlian
Program
Keahlian                  : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian             :
Semua Kompetensi Keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran                      : Sejarah Indonesia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
| 
KOMPETENSI INTI
   3 
(PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI
   4 
(KETERAMPILAN) | 
| 
3.  
  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada
  tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
  pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
  warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 
4.  
  Melaksanakan tugas spesifik dengan
  menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
  memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia  
Menampilkan kinerja di
  bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
  kompetensi kerja. 
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
  dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
  kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
  dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
  sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
  langsung. 
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
  tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
KOMPETENSI DASAR | 
ALOKASI 
WAKTU | 
| 
3.1
  Memahami
  konsep  dasar sejarah (berpikir
  kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan) | 
4.1
  Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep  dasar sejarah (berpikir
  kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)  | 
3 | 
| 
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya  masyarakat
  Pra Aksara Indonesia | 
4.2 Menyajikan
  informasi mengenai manusia dan hasil-hasil
  budaya khususnya  masyarakat Pra Aksara
  Indonesia  | 
9 | 
| 
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
  kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia (pemerintahan, budaya) | 
4.3 Membuat
  tulisan tentang berbagai teori 
  masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya
  terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia
  (pemerintahan, budaya) | 
9 | 
| 
3.4 Menganalisis berbagai teori tentang proses
  masuknya agama dan kebudayaan Islam serta 
  pengaruhnya terhadap
  kehidupan masyarakat  Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya) | 
4.4 Menyajikan hasil analisis
  berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta  pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia (ekonomi, pemerintahan,
  budaya) | 
6 | 
| 
3.5 Menganalisis proses masuk dan
  perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
  Indonesia  | 
4.5 Mengolah informasi tentang proses
  masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
  Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah  | 
6 | 
| 
3.6 Menganalisis dampak politik,
  budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa dan
  Jepang dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini  | 
4.6 Menalar
  dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
  bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa
  Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah  | 
9 | 
| 
3.7 Menganalisis nilai-nilai
  sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa
  kini  | 
4.7 Menyajikan hasil analisis
  nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia
  pada masa kini | 
3 | 
| 
3.8 Menganalisis peristiwa
  proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi,
  politik, dan pendidikan bangsa Indonesia  | 
4.8 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya
  bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa
  Indonesia  | 
6 | 
| 
3.9 Menganalisis peristiwa
  pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan
  maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini  | 
4.9   Menalar peristiwa pembentukan
  pemerintahan Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi
  kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini  | 
6 | 
| 
3.10 Menganalisis strategi dan bentuk
  perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
  ancaman Sekutu dan Belanda  | 
4.10 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa
  Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
  Belanda  | 
6 | 
| 
3.11 Mengevaluasi upaya bangsa
  indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun
  1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI  | 
4.11 Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman
  disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz,
  RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI  | 
9 | 
| 
3.12  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
  Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal  | 
4.12 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
  Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal  | 
9 | 
| 
3.13  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
  Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin  | 
4.13 
  Melakukan
  penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
  pada masa Demokrasi Terpimpin  | 
3 | 
| 
3.14  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
  Indonesia pada masa Orde Baru  | 
4.14 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik
  dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru  | 
3 | 
| 
3.15  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
  Indonesia pada masa awal Reformasi  | 
4.15 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik
  dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi  | 
3 | 
| 
3.16 Mengevaluasi peran pelajar,
  mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia  | 
4.16 Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam
  perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia  | 
6 | 
| 
3.17 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
  antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI,
  dan Jakarta Informal Meeting  | 
4.17 
  Menyajikan
  hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
  Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
   | 
6 | 
| 
3.18 Mengevaluasi kehidupan Bangsa
  Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era
  kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)  | 
4.18 Membuat
  studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu
  pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan
  Reformasi)  | 
6 | 
| 
Jumlah Jam Pelajaran (JP) | 
108 | |
Labels:
kompetensi dasar sejarah kurtilas,
serba_serbi
Thanks for reading KI dan KD Sejarah SMK Kurikulum 2013. Please share...!

