Posted by
One_Esc on
Tuesday, July 25, 2017
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sejarah SMK
Sesuai SK Dirjen SMK No. 130 Tahun 2017, bahwa struktur kurikulum, KI, KD ada perubahan.
untuk download sk dirjen smk klik disini
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Semua Kompetensi Keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Memahami
konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
4.1
Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
3
|
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya masyarakat
Pra Aksara Indonesia
|
4.2 Menyajikan
informasi mengenai manusia dan hasil-hasil
budaya khususnya masyarakat Pra Aksara
Indonesia
|
9
|
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
4.3 Membuat
tulisan tentang berbagai teori
masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya
terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
(pemerintahan, budaya)
|
9
|
3.4 Menganalisis berbagai teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam serta
pengaruhnya terhadap
kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4 Menyajikan hasil analisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan,
budaya)
|
6
|
3.5 Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
Indonesia
|
4.5 Mengolah informasi tentang proses
masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
6
|
3.6 Menganalisis dampak politik,
budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa dan
Jepang dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini
|
4.6 Menalar
dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa
Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
9
|
3.7 Menganalisis nilai-nilai
sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa
kini
|
4.7 Menyajikan hasil analisis
nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia
pada masa kini
|
3
|
3.8 Menganalisis peristiwa
proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi,
politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.8 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya
bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa
Indonesia
|
6
|
3.9 Menganalisis peristiwa
pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
|
4.9 Menalar peristiwa pembentukan
pemerintahan Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
|
6
|
3.10 Menganalisis strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda
|
4.10 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
Belanda
|
6
|
3.11 Mengevaluasi upaya bangsa
indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun
1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
4.11 Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman
disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz,
RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
9
|
3.12 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
|
4.12 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
|
9
|
3.13 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
4.13
Melakukan
penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3
|
3.14 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
Indonesia pada masa Orde Baru
|
4.14 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
3
|
3.15 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa
Indonesia pada masa awal Reformasi
|
4.15 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
3
|
3.16 Mengevaluasi peran pelajar,
mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
4.16 Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam
perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
6
|
3.17 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI,
dan Jakarta Informal Meeting
|
4.17
Menyajikan
hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
6
|
3.18 Mengevaluasi kehidupan Bangsa
Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.18 Membuat
studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan
Reformasi)
|
6
|
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
108
|
Labels:
kompetensi dasar sejarah kurtilas,
serba_serbi
Thanks for reading KI dan KD Sejarah SMK Kurikulum 2013. Please share...!