Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

THE NUNUNG CS: Ber-Orkes Dengan Sederhana



Download mp3nya disini

01. Blansuck
02. Abang Gorengan
03. Terlalu Cinta
04. Is Now
05. Do You Know
06. KTKB
07. Pengangguran
08. Muke Kriminil
09. Lagu Panas
10. Olahraga
11. Sad Song
12. Abang Gorengan (Original Version)

BANYAK band baru [atau lawas] yang lahir dari dunia kampus. Dari yang serius sampai band yang memainkan musik-musik komedi. Kita ingat era-era PSP [Pancaran Sinar Petromax] yang rata-rata personilnya adalah mahasiswa. Kemudian ada nama Pemuda Harapan Bangsa [PHB] dari Bandung. Mereka adalah band-band yang memainkan musik yang mereka sebut orkes.

Meski tampaknya musik-musik itu cenderung memainkan lirik yang kocak, tapi sebenarnya mereka punya pesan yang kuat walau disampaikan dengan cara yang lucu. Biasanya, lebih mudah diterima oleh pendengarnya.

Mungkin salah satu alasan sekelompok mahasiswa Fisip Universitas Indonesia [UI] yang kemudian nekat melahirkan band bernama THE NUNUNG CS adalah menyampaikan pesan dengan mudah dan santai. Kalau tidak, bagaimana mungkin Kamal [vokal], Aweh [suling], Kudil [mandolin], Budi [ukulele], Nununk [gitar], Patul [bass] dan Toto [drum] serius membuat lagu dan rekaman?

Awalnya mungkin iseng-iseng seperti kebanyakan band yang lahir dari kampus. Ketika itu mereka tampil dalam acara Student Nite Fisip UI tahun 2003 silam. Repotnya, musik yang mereka mainkan malah digemari. Jadilah mereka berpikir ulang untuk sekedar iseng-iseng ngeband menjadi rada serius.

Album pertamanya diberi titel unik juga 'TERIMA PESANAN'. Lucunya, di bawah titel albu, bener-bener ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Mereka memilih konsep musiknya dengan tiga kata, Wibawa, Progresive dan Orkes. Artinya? Silakan terjemahkan sendiri. Tapi mendengar single pertamanya 'Abang Gorengan' kita bakal mahfum, mereka memang membidik ranah yang sederhana saja dengan lirik yang renyah, meski tetap dengan musikalitas yang tak sembarangan.

THE NUNUNGS CS sudah lahir, Tentu tak hanya ingin jadi band lucu-lucuan semata, yang sebentar lagi bakal mati berdiri. Sayangnya, belum banyak band yang menyebut dirinya 'orkes' lahir dan benar-benar menjadi besar. THE NUNUNG CS-kah yang memulainya?
Labels: dangdut, music one, nunung

Thanks for reading THE NUNUNG CS: Ber-Orkes Dengan Sederhana. Please share...!

Back To Top