Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Jika Usus Buntu terganggu

Jika Usus Buntu Terganggu


Waspadalah bila Anda sering merasakan sakit pada perut (khususnya perut bagian kanan bawah) dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberikan obat maag. Mungkin Anda terkena radang usus buntu atau apendisitis. Radang usus buntu atau apendisitis dapat menyerang siapa saja. Gejalanya seperti sakit maag biasa sehingga penderita seringkali mengabaikannya. Gejala tersebut cenderung mendadak dan umumnya akan semakin meningkat. Gejalanya lainnya adalah sebagai berikut:
  • Rasa nyeri yang dimulai pada perut bagian tengah (seperti sakit maag) dan menjalar ke perut bagian bawah kanan.
  • Rasa sakit tersebut akan semakin meningkat, sehingga pada saat berjalanpun si penderita akan merasa sangat sakit sehingga akan mengambil sikap membungkuk pada saat berjalan.
  • Bila radang semakin meluas dapat menimbulkan rasa mual, bahkan muntah, dan nafsu makan sangat menurun.
  • Demam akan timbul apabila radang tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat.
  • Apabila radang terus berlanjut, maka penderita akan merasakan nyeri yang semakin hebat. Pada keadaan seperti itu, obat antibiotika tidak berguna lagi dan diperlukan operasi oleh dokter bedah .
Bila keadaan ini gagal diketahui oleh dokter atau si penderita sendiri kurang peduli, maka keadaannya akan semakin gawat sehingga dapat menyebabkan pecahnya usus buntu dan berakibat infeksi akan menyebar ke dalam rongga perut, sehingga dapat terjadi infeksi pada lapisan perut atau disebut juga peritonitis (radang pada selaput perut).

Pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan oleh dokter yaitu pemeriksaan fisik, yang meliputi pemeriksaan panggul, rektum (dubur), dan darah maupun urin.

Operasi untuk usus buntu dapat dilakukan melalui operasi terbuka (perut langsung dibedah) maupun dengan alat laparoskopi (perut hanya disayat kecil pada bagian bawah pusar dan sayatan kecil lainnya dilakukan pada daerah usus buntu).

http://www.info-sehat.com/
Labels: usus buntu

Thanks for reading Jika Usus Buntu terganggu. Please share...!

Back To Top