Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Kevin Mitnick sang Hacker

Tepat satu dekade yang lalu, 15 Februari 1995 Kevin Mitnick ditangkap FBI dan dijebloskan ke dalam penjara dengan tuduhan menerobos sistem komputer pemerintah tercanggih saat itu. Mitnick adalah legenda hidup seorang hacker sekaligus cracker.

* 1981, Mitnick terbukti menghancurkan data melalui jaringan dan mencuri manual perusahaan telepon.
* 1983, Mitnick terbukti menerobos Pentagon melalui ARPANET dari kampus University of Southern California.
* Beberapa tahun kemudian Mitnick menghilang setelah dituduh kembali menerobos dan mengubah sistem komputer.
* 1987, Mitnick terbukti mencuri software Santa Cruz Operation (SCO).
* 1988, Mitnick tertuduh mencuri kode akses sambungan langsung jarak jauh setelah tertangkap mencoba menerobos dan mencuri sistem minikomputer Digital VAX /VMS.
* Setelah 5 kali kasus di atas terjadi isu Kevin Mitnick mulai menyebar dalam skala nasional Amerika. Mitnick menerima hukuman satu tahun penjara dan dilanjuti dengan konseling (counsel in English, saya tidak tahu terjemahannya) selama enam bulan.
* Setelah keluar dari penjara Mitnick kemudian bekerja di Tel Tec Detective Agency. Segera setelah Mitnick bekerja seseorang mencurigai pemakaian sistem database secara ilegal, kembali Mitnick menjadi subjek investigasi FBI. Hakim Federal memerintahkan penangkapan Mitnick, namun Mitnick sudah terlebih dahulu menghilang.
* Sampai tahun 1994 Mitnick mengecoh kepolisian, marshal serta agen federal selama dua tahun, hingga di akhir 1994 Tsutomu Shimomura berhasil menjejaknya dengan pengejaran panjang secara elektronik setelah Mitnick menerobos sistem komputer Shimomura di San Diego.
* 1995, 15 Februari Mitnick ditangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan.
* Kelompok 2600: The Hacker Quarterly mulai menjalankan aksi kampanye “Free Kevin”. Tidak hanya di Amerika kelompok ini mengkampanyekan gerakan tersebut ke seluruh dunia dan membentuk Hackers on Planet Earth (HOPE).
* 2002, pada bulan Januari Mitnick akhirnya dibebaskan dari tahanan dan selama setahun berikutnya ia dilarang bersinggungan dengan internet sampai 21 Januari 2003. Mitnick akhirnya muncul di internet pertama kalinya di situs Labmistress, situs blog milik pacarnya. Hi Roy!™
* Kini Kevin Mitnick bekerja sebagai CEO Defensive Thinking, sebuah perusahaan keamanan jaringan.

Kisah Kevin Mitnick ini pada tahun 2000 diabadikan ke dalam film Takedown, judul lengkapnya “Takedown: The Pursuit and Capture of Kevin Mitnick, America’s Most Wanted Computer Outlaw”. Film tentang dunia hacking lainnya adalah War Games (1983), Sneakers (1992), Hackers (1995) dan Antitrust (2001). Hmm, yang War Games lupa euy ceritanya!
Labels: hacker, komputer, TIK

Thanks for reading Kevin Mitnick sang Hacker. Please share...!

Back To Top