Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Virus Sober Kembali Beraksi

Jakarta, Masih ingat dengan virus Sober yang mendomplengi FBI dan CIA beberapa tahun lalu? Virus yang muncul pertama kali di Jerman ini menyebar melalui e-mail dan dalam waktu singkat mampu menginfeksi banyak komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sober kini kembali berulah. Diam-diam varian terbaru virus ini mulai melancarkan aksinya di jagad maya. Dua perusahaan keamanan, Symantec dan Sophos, baru-baru ini mendeteksi adanya penyebaran varian terbaru Sober.

Hon Lau, senior engineer Security Response Symantec, melalui blog menyatakan bahwa ia mendeteksi adanya gerak-gerik W32.Sober.AA@mm yang berkeliaran di Internet melalui e-mail. Trik penyebarannya sama seperti yang lalu, e-mail ini muncul dalam versi bahasa Jerman ataupun Inggris dan menyertakan file attachment yang berisi kode jahat.

Nama file attachment atau lampirannya bisa salah satu dari:

Passw_Data.zip
PDatan.zip
Mail_Data.zip

Bunyi pesan yang dikirim via e-mail tersebut kurang lebih sebagai berikut:

"You notified us that you have forgotten your password. We have changed your password to a random sequence of letters and digits! For more detailed information, see the attached password file."

Menurut Graham Cluley, senior konsultan teknologi Sophos, komplotan Sober berkeliaran dengan malware selama beberapa tahun dan menyebarkan kode jahat. "Malware tersebut men-download kode jahat tambahan dari Web, mengambil alih PC (komputer), mengirim spam, dan sebagainya," jelasnya.

Mengantisipasi hal ini, Lau dan Cluley mewanti-wanti agar pengguna tidak sembarangan membuka file attachment dari pengirim yang tidak dikenal dan selalu meng-update antivirus.

"Sudah lama kami tidak melihat aktivitas keluarga worm ini. Varian terakhir yang kami lihat muncul pada tahun 2005," tulis Lau, seperti dikutip detikINET dari Techweb, Kamis (3/5/2007).

Sober sendiri pertama kali menyerang pengguna Internet pada bulan Oktober 2003, lalu dengan liar menginfeksi banyak komputer seluruh dunia di sepanjang tahun 2004 hingga 2005.(dwn/dwn)
Labels: komputer, virus

Thanks for reading Virus Sober Kembali Beraksi. Please share...!

Back To Top