Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Membuat Web Counter Sederhana Dengan PHP dan Text File

Author: Sony Arianto Kurniawan
Published: April 24, 2004
Visits: 2022 - Category: PHP


Kali ini kami akan menyajikan topik mengenai membuat web counter sederhana dengan PHP dan text file. Web counter adalah suatu module yang bisa kita gunakan untuk menghitung jumlah pengunjung situs kita. Pada suatu hari rekan penulis ada yang bertanya mengenai hal ini dengan menggunakan PHP, maka penulis langsung menuangkannya menjadi tulisan singkat ini.
Pembuatan web counter kali ini akan menggunakan text file sebagai media untuk menyimpan data nilai jumlah kunjungan ke situs. Nilai tersebut akan di-increment begitu ada hits atau kunjungan ke situs kita. OK, mari kita mulai dengan menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu.
Siapkan sebuah file text, beri nama counter.txt. Kemudian isi file text tersebut dengan angka 0 yang kita gunakan sebagai nilai awal dari counter. Kemudian buat folder counterdata pada web folder Anda dan letakkan file counter.txt tadi ke dalam folder tersebut. Kemudian set permission pada file counter.txt dan folder counterdata tadi supaya bisa ditulis (write access).
Setelah semua di-settings maka sekarang kita tinggal menuliskan code PHP nya. Silakan Anda lihat code-nya di bawah ini.

$counthandle=fopen($_SERVER['DOCUMENT_ROOT'] . "/counterdata/counter.txt","r");
$getcurrent=fread($counthandle,filesize($_SERVER['DOCUMENT_ROOT'] . "/counterdata/counter.txt")); $getcurrent=$getcurrent+1;
fclose($counthandle);
$counthandle1=fopen($_SERVER['DOCUMENT_ROOT'] . "/counterdata/counter.txt","w");
fputs($counthandle1,$getcurrent);
fclose($counthandle1);
$counthandle2=fopen($_SERVER['DOCUMENT_ROOT'] . "/counterdata/counter.txt","r");
$getrecent=fread($counthandle2,filesize($_SERVER['DOCUMENT_ROOT'] . "/counterdata/counter.txt"));
echo "visitor is : " . $getrecent;
fclose($counthandle2);
?>


Kita lihat di atas bahwa ada beberapa fungsi operasi file pada PHP yang kita gunakan untuk pembuatan web counter dengan menggunakan text file sebagai data counter ini. Ada fungsi fopen (digunakan untuk open file dan mendapatkan file handle), fread (digunakan untuk membaca file), fclose (digunakan untuk menutup file) dan fputs (digunakan untuk menulis ke dalam file). Semua penjelasan detail dari fungsi-fungsi itu bisa Anda baca di 

http://id2.php.net/manual/en/ref.filesystem.php.

Code di atas bisa Anda masukkan ke dalam web Anda diantara tag BODY pada halaman web yang ingin Anda hitung counter visitor-nya. Contoh lengkap source code di atas bisa Anda download pada link webcounterphp.zip.

Jika ada saran atau komentar silakan dikirimkan melalui sony-ak@sony-ak.com. Silakan baca tulisan menarik lainnya di www.sony-ak.com.

Labels: php, TIK

Thanks for reading Membuat Web Counter Sederhana Dengan PHP dan Text File. Please share...!

Back To Top