Blog Kang One

Catatan Sederhana untuk Berbagi

Mengetahui Asma dari Gigi Susu


Mengetahui Asma dari Gigi Susu Cetak
STUDI dari tim peneliti University of Bristol mengemukakan, bayi yang kekurangan zat besi dan selenium di dalam kandungan akan berisiko menderita sesak napas pada masa kanak- kanak.
Selanjutnya di masa dewasa mereka akan berisiko besar mengidap asma. Untuk mengetahui potensi asma tadi dapat diketahui dari gigi susu bayi. Dua gigi di bagian atas depan rahang ini juga mampu menandakan seberapa baik bayi dicukupi kebutuhan gizinya. Tim ilmuwan University of Bristol dalam penelitiannya bernama Avon Longitudinal Study of Parents and Children (ALSPAC) menganalisis sebanyak 12.000 gigi susu anak-anak selama tahun 1990.
”Gigi susu sudah mulai berkembang sebelum kelahiran terjadi.Dari lapisan enamelnya saja kita bisa lacak elemen kandungan mineral yang dimiliki si bayi,” kata dr Seif Shaheen,dari Kings College London, seorang pembimbing studi sebagaimana dikutip dari BBC News Online. Dari gigi susu yang terkumpul, bisa diketahui secara akurat kandungan mineral pada sejumlah bayi. Mereka juga melakukan analisis terhadap gigi susu 250 anak pengidap asma dan 250 anak yang bebas asma.
Dari kandungan elemen ini bisa terlihat penyakit apa saja yang kira-kira berisiko mengenai bayi itu kelak. Banyak penyakit kronis yang sudah mulai tumbuh sebelum bayi dilahirkan. Petunjuk yang didapat dari gigi susu ini bisa membantu ahli medis untuk mengenali sejauh mana gangguan sesak napas dan asma bisa memengaruhi sistem imunitas dan paru-paru si kecil.
”Dari sini bisa terlihat, kandungan gizi mana yang patut diperbaiki sehingga sejumlah penyakit bisa terhindarkan atau diperkecil risikonya,” katanya. Shaheen menambahkan, kandungan selenium yang tinggi di saat ibu hamil akan membuat bayi terhindar dari sesak napas. Sementara kandungan zat besi dapat membuat bayi terbebas dari risiko asma. Asisten Direktur National Asthma Campaign, (NAC) Inggris Philippa Major menyatakan, salah satu tujuan dari riset ini adalah melakukan pencegahan asma di kalangan anak-anak.
”Kami sangat senang membiayai penelitian ini, karena hasilnya bisa membantu kami mengidentifikasi penyebab asma pada anak-anak,” ujar Major. Atas dasar itu, para ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak zat besi dan selenium untuk mencegah asma pada anak nanti. Selenium ini terdapat pada ikan, daging, sereal dan produk susu seperti keju. Adapun zat besi terkandung dalam daging, sayuran, dan gandum. (nuriwan trihendrawan/SINDO/mbs)



Labels: anak, gigi, kesehatan, kesehatan gigi, susu.

Thanks for reading Mengetahui Asma dari Gigi Susu. Please share...!

Back To Top